101 FAKTA NUTRISI DAN KESEHATAN PADA TOMAT

Tomat (solanum lycopersicum) adalah jenis buah-buahan dan termasuk kedalam keluarga nightshade yang berasal dari amerika selatan.

Tumbuhan ini menghasilkan buah yang umumnya dimakan dan disiapkan seperti sayuran.

Tomat termasuk sumber makanan utama antioksidan likopen, yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.

Tomat juga merupakan penghasil sumber Vitamin C, Kalium, Asam Folat dan Vitamin K.

Tomat memiliki beragam warna antara lain kuning, orange, hijau, ungu dan biasanya tomat berwarna merah saat matang. Terlebih lagi, ada banyak subspesies tomat dengan bentuk dan rasa yang berbeda. 

Buah Tomat Segar


Fakta Nutrisi

Tomat memiliki kandungan air sekitar 95%. Selain itu 5% lainnya terdiri dari karbohidrat dan serat.

Karbohidrat

Karbohidrat terdiri dari 4% tomat mentah, yang jumlah nya kurang dari 5 gram karbohidrat untuk spesimen sedang (123 gram).

Gula sederhana, seperti glukosa dan fruktosa, membentuk hampir 70% kandungan karbohidrat.

Serat

Tomat adalah sumber serat yang baik , menyediakan sekitar 1,5 gram untuk setiap tomat berukuran sedang.

Sebagian besar serat (87%) pada tomat tidak larut, berupa hemiselulosa, selulosa, dan lignin ( 2 ).

Vitamin dan Mineral

Tomat adalah sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik:

Vitamin C. Vitamin ini merupakan nutrisi penting dan antioksidan. Satu tomat berukuran sedang dapat menyediakan sekitar 28% dari Reference Daily Intake (RDI).

Kalium. Mineral esensial, kalium bermanfaat untuk pengendalian tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung.

Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Asam Folat (Vitamin B9). Salah satu vitamin B, asam folat penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel. Ini sangat penting bagi wanita hamil.

Senyawa Tumbuhan Lainnya

Kandungan vitamin dan senyawa tanaman dalam tomat dapat sangat bervariasi antara varietas dan periode pengambilan sampel.

Senyawa tanaman utama dalam tomat adalah:

  • Likopen. Pigmen merah dan antioksidan, likopen telah dipelajari secara ekstensif untuk efek kesehatan yang menguntungkan.
  • Beta karoten. Antioksidan yang sering memberi warna kuning atau oranye pada makanan, beta karoten diubah menjadi vitamin A di tubuh Anda.
  • Naringenin. Ditemukan pada kulit tomat, flavonoid ini telah terbukti mengurangi peradangan dan melindungi dari berbagai penyakit pada tikus.
  • Asam klorogenat. Senyawa antioksidan kuat, asam klorogenat dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan kadar tinggi.
Klorofil dan karotenoid seperti likopen bertanggung jawab atas kekayaan warna tomat. Ketika proses pematangan dimulai, klorofil (hijau) terdegradasi dan karotenoid (merah) disintesis.

Likopen

Likopen - karotenoid paling melimpah pada tomat matang - sangat penting dalam hal senyawa tanaman buah.

Itu ditemukan dalam konsentrasi tertinggi di kulit.

Umumnya, semakin merah tomat, semakin banyak likopen yang dimilikinya.

Produk tomat - seperti saus tomat , jus tomat , pasta tomat, dan saus tomat - adalah sumber makanan terkaya likopen dalam makanan Barat, menyediakan lebih dari 80% likopen makanan di Amerika Serikat.

Gram untuk gram, jumlah likopen dalam produk tomat olahan seringkali jauh lebih tinggi daripada tomat segar.

Misalnya, saus tomat mengandung 10–14 mg likopen per 3,5 ons (100 gram), sementara satu tomat kecil segar (100 gram) hanya mengandung 1–8 mg ( 24 ).

Namun, perlu diingat bahwa kecap sering kali dikonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit. Jadi, mungkin lebih mudah untuk meningkatkan asupan likopen Anda dengan makan tomat yang belum diolah - yang juga memiliki gula jauh lebih sedikit daripada saus tomat.

Makanan lain dalam diet Anda mungkin memiliki efek kuat pada penyerapan likopen. Mengkonsumsi senyawa tumbuhan ini dengan sumber lemak dapat meningkatkan penyerapan hingga empat kali lipat.

Namun, tidak semua orang menyerap likopen dengan kecepatan yang sama.

Meskipun produk tomat olahan lebih tinggi likopennya, tetap disarankan untuk mengonsumsi tomat segar yang utuh jika memungkinkan.


MANFAAT TOMAT BAGI KESEHATAN

Konsumsi tomat dan produk berbasis tomat telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kulit dan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.

Kesehatan Jantung

Penyakit jantung - termasuk serangan jantung dan stroke - adalah penyebab kematian paling umum di dunia.

Sebuah penelitian pada pria paruh baya mengaitkan kadar likopen dan beta-karoten yang rendah dalam darah dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Bukti yang semakin banyak dari uji klinis menunjukkan bahwa melengkapi dengan likopen dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Studi klinis produk tomat menunjukkan manfaat melawan peradangan dan penanda stres oksidatif.

Mereka juga menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan dapat menurunkan risiko pembekuan darah.

Pencegahan Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebar di luar batas normalnya, seringkali menyerang bagian tubuh lainnya.

Studi observasional telah mencatat hubungan antara tomat - dan produk tomat - dan lebih sedikit kejadian kanker prostat, paru-paru, dan perut.

Sementara kandungan likopen yang tinggi diyakini bertanggung jawab, penelitian manusia berkualitas tinggi diperlukan untuk memastikan penyebab manfaat ini.

Sebuah penelitian pada wanita menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi karotenoid - yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada tomat - dapat melindungi dari kanker payudara.

Kesehatan Kulit

Tomat dianggap bermanfaat untuk kesehatan kulit .

Makanan berbahan dasar tomat yang kaya likopen dan senyawa nabati lainnya dapat melindungi dari sengatan matahari.

Menurut sebuah penelitian, orang yang menelan 1,3 ons (40 gram) pasta tomat - menyediakan 16 mg likopen - dengan minyak zaitun setiap hari selama 10 minggu mengalami 40% lebih sedikit luka bakar akibat sinar matahari.

Proses Pematangan Komersial

Saat tomat mulai matang, mereka menghasilkan hormon gas yang disebut ethylene.

Tomat yang ditanam secara komersial dipanen dan diangkut saat masih hijau dan belum matang. Untuk membuatnya menjadi merah sebelum dijual, perusahaan makanan menyemprotnya dengan gas etilen buatan.

Proses ini menghambat perkembangan rasa alami dan dapat menghasilkan tomat yang tidak berasa.

Oleh karena itu, tomat yang ditanam secara lokal mungkin terasa lebih enak karena dibiarkan matang secara alami.

Jika Anda membeli tomat yang belum matang, Anda bisa mempercepat proses pematangan dengan membungkusnya di selembar koran dan menyimpannya di meja dapur selama beberapa hari. Pastikan untuk memeriksanya setiap hari untuk mengetahui kematangannya.

Keamanan dan Efek Samping

Tomat umumnya dapat ditoleransi dengan baik dan alergi tomat sangat jarang.

Alergi

Meskipun alergi tomat jarang terjadi, individu yang alergi terhadap serbuk sari rumput lebih cenderung alergi terhadap tomat.

Kondisi ini disebut sindrom alergi makanan-serbuk sari atau sindrom alergi oral.

Pada sindrom alergi oral, sistem kekebalan Anda menyerang protein buah dan nabati yang mirip dengan serbuk sari, yang menyebabkan reaksi alergi seperti gatal di mulut, tenggorokan gatal, atau pembengkakan di mulut atau tenggorokan.

Orang dengan alergi lateks juga dapat mengalami reaktivitas silang terhadap tomat.

Kesimpulan

Tomat berair dan manis, penuh dengan antioksidan , dan dapat membantu melawan beberapa penyakit.

Mereka sangat tinggi likopen, senyawa tanaman yang terkait dengan peningkatan kesehatan jantung, pencegahan kanker, dan perlindungan terhadap sengatan matahari.

Tomat bisa menjadi bagian penting dari makanan sehat .

Sumber: https://www.healthline.com/nutrition/foods/tomatoes#plant-compounds