Gambar: Manfaat dan Efek Samping Handsanitizer
Gambar: Manfaat dan Efek Samping Handsanitizer

Tangan adalah anggota badan yang sering kita gunakan untuk melakukan aktivitas. Contohnya mengambil barang, menulis, bersalaman dengan seseorang, dan lain-lain.

Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa tangan merupakan salah satu aggota badan yang sering membawa dan menjadi sarang bagi kuman. 

Karena tangan dapat diibaratkan sebagai konduktor untuk menyalurkan bibit penyakit, maka kita harus menjaga kebersihan dari tangan kita sendiri, salah satu caranya dengan mencuci tangan selama tiga puluh detik menggunakan sabun pencuci tangan (hand soap). 

Namun seperti yang kita tahu, banyak tempat-tempat umum yang tidak menyediakan wastafel dan sabun pencuci tangan.

Di era yang sekarang ini, yaitu abad ke-21 kita dimudahkan dengan adanya hand sanitizer.

Apa itu Handsanitizer ?

Hand Sanitizer adalah cairan atau gel yang berfungsi dan dipakai untuk mengurangi agen infeksi pada tangan. 

Hand Sanitizer merupakan formulasi jenis alkohol yang sangat diminati sebagian besar kalayak umum. 

Mengapa banyak peminat? Karena hand sanitizer tidak memerlukan air untuk membilas dan sangat praktis untuk dibawah kemana saja, apalagi hand sanitizer lebih cepat kering dibanding air sehingga tidak akan menunggu lama untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Hand Sanitizer dibedakan menjadi dua yaitu hand sanitizer gel dan hand sanitizer spray.

Hand sanitizer gel merupakan pembersih tangan berbentuk gel yang bertujuan untuk menghilangkan kuman, bahan aktif yang terkandung adalah alkohol 60%. 

Sedangkan hand sanitizer spray merupakan pembersih tangan berbentuk cair yang bertujuan untuk membersihkan kuman, bahan aktif yang terkandung adalah irgasan DP 300 : 0,1% dan alkohol 60%. Sedangkan jika bertanya mana yang lebih efektif, jawabannya adalah hand sanitizer spray.

Tujuan semula diadakannya hand sanitizer hanya untuk keperluan darurat saja, bukan untuk menggantikan fungsi sabun sepenuhnya. 

Tetapi, keberadaan hand sanitizer saat ini bukan hanya untuk pribadi, namun digunakan juga di lorong rumah sakit, laboratorium, dan instansi pemerintahan dan swasta.

Memang “si instan” penghilang kuman ini sangat praktis digunakan akan tetapi, kita harus tahu efek samping jika kita terlalu sering menggunakannya, berikut beberapa diantaranya:

A. Efek samping penggunaan Handsanitizer

1. Iritasi Kulit

Kandungan alkohol yang terdapat pada hand sanitizer dapat menyebabkan rasa panas atau kering, sehingga tidak dianjurkan untuk orang yang berkulit sensitive.

2. Rentan Terhadap Inveksi

Hand sanitizer dapat membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap inveksi.

3. Kulit Mudah Terbakar Matahari

Disarankan menggunakan sun screen yang mengandung SPF tinggi sebelum menggunakan hand sanitizer.

4. Reaksi Hormon

Hand sanitizer dapat berakibat negatif bagi hormon tiroid dan hormon estrogen
Hand sanitizer bukan cuma punya efek samping saja.

Selain sebagai pembersih tangan dan menghilangkan kuman, hand sanitizer mempunyai manfaat lain di kehidupan sehari hari, berikut beberapa diantaranya:

B. Manfaat Penggunaan Handsanitizer

1. Mengapus Noda Tinta

Anak-anak sangat rentang jika bermain dengan alat tulis, tinta akan tercoret dimana-mana dan tidak bisa dipungkiri baju akan terkena juga. 

Pilihan pertama yang bisa diandalkan adalah Hand Sanitizer

2. Membersihkan Perabotan Logam

Hand Sanitizer gel dapat membersihkan perabotan rumah berbahan logam contoh sendok, garpu, dan pisau.

3. Pengganti Deodoran

Lupa untuk memakai deodoran? Atau lupa membeli? Kita bisa menjadikan hand sanitizer untuk pengganti deodoran, agar ketiak tetap segar.

Demikian postingan artikel kali ini yang membahas tentang manfaat dan efek samping penggunaan handsanitizer.

Penulis : Cleanora.