Daun Kelor
Gambar: Daun Kelor
Ada banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan. Dari berbagai sumber dikatakan bahwa daun kelor memilki banyak manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari data yang dikeluarkan oleh WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia, bahwa daun kelor mampu membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat berbagai penyakit. 

Daun kelor memiliki kurang lebih 300 khasiat , daun yang memiliki nama lain Moringa Oleifera ini juga telah di nobatkanoleh WHO sebagai makanan penolong kekurangan gizi di beberapa Negara tertinggal. 

A. Manfaat Daun Kelor
Daun kelor mengandung protein, vitamin B6, C dan A, Zat besi, Riboflavin, serta magnesium yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. 
Berikut beberapa manfaat dan khasiat dari daun kelor bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol  adalah metabolit yang mengandung lemak sterol. Jika memliki kolesterol yang berlebihan di dalam darah akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Tapi Studi berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mampu menurunkan kadar kolesterol.

2. Kaya akan antioksidan
Daun kelor mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas yang mampu meningkatkan resiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes.

3. Menghilangkan flek pada wajah
Daun kelor mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral yang mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit wajah. Menurut Makassar.tribunnews.com, bahwa beberapa Negara sudah menggunakan ekstrak daun kelor sebagai bahan baku untuk pembuatan kosmetik.

4. Mengobati rematik
Penggunaan daun kelor untuk pengobatan rematik dapat mengurangi rasa sakit pada sendi. Anda bisa mengolah daun kelor untuk mengobati rematik yang anda derita.

5. Mengurangi resiko kecacatan bayi dalam kandungan
Daun kelor mengandung polifenol, flavonoid, dan asam askorbat, yang dipercaya mampu mencegah terjadinya kerusakan pada DNA dan degradasi pada janin.

6. Mengurangi peradangan
Peradangan merupakan penyakit yang bisa dianggap serius, karena mampu merusak organ yang terdapat dalam tubuh manusia. Kandungan yang terdapat di dalam daun kelor mampu mengatasi peradangan dan mencegah munculnya peradangan.

7. Anti stress
Menurut journal Pharmacodynamic, daun kelor merupakan salah satu adabtogen alami yang dipercaya mampu melindungi tubuh dari efek toxic yang dipicu oleh stress.

B. Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan
selain manfaat yang berlimpah dari daun kelor, ternyata daun kelor ini dapat diolah menjadi olahan makanan dan minuman yang menyehatkan juga loh, berikut adalah peroses pengolahan daun kelor.

1. Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh
  • Petik daun kelor yang masih muda, kemudian cuci bersih, dan keringkan. Kemudian letakkan di tempat dengan udara terbuka, tetapi jangan terkena sinar  matahari langsung karna akan mengurangi kandungan gizinya
  • Jika sudah kering sempurna, tumbuk daun kelor hingga menjadi bubuk halus, anda juga bisa menggunakan blender.
  • Ambil satu atau dua sendok makan bubuk daun kelor tersebut, kemudian seduh dengan air panas. Konsumsi secara teratur.
2. Mengolah Daun Kelor Menjadi Sayur Bening
Bahan :
  • 1 mangkuk daun kelor yang masih segar
  • 1 bh jagung manis, kemudian potong menjadi beberapa bagian
  • 1 bh gambas, potong 1 cm
  • 1 bh tomat, potong-potong
  • 1 genggam kemangi
Bumbu :
  • 4 butir bawang merah
  • 1 cm temu kunci
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
Langkah-langkah pembuatannya :
  • Panaskan air di panci, kemudian masukkan jagung dan gambas, masak hingga matang
  • Masukkan bawang merah yang telah diiris halus dan temu kunci, kemudian masukkan garam dan gula secukupnya.
  • Masukkan daun kelor, tomat, dan daun kemangi, masak hingga kira-kira 5 menit.
Demikianlah artikel mengenai manfaat kesehatan daun kelor dan cara mengolahnya. semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba. 

Penulis: Verra Ziliwu