Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Gambar: Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Salam sehat untuk kita semua, di postingan kali ini akan membahasan tentang manfaat konsumsi buah pepaya untuk kesehatan tubuh, seperti yang kita ketahui betapa nikmat dan segarnya buah pepaya untuk dikonsumsi, bukan hanya buahnya namun juga daun dan bunga dari pohon pepaya dapat di manfaatkan untuk olahan masakan, dan tanpa kita sadari ternyata ada banyak manfaat dibalik konsumsi pepaya untuk kesehatan tubuh manusia.

Vitamin dan Nutrisi Buah Pepaya
Buah pepaya dengan nama latin carica papaya pada awalnya berasal dari benua amerika, adapun kandungan vitamin dan nutrisi pada pepaya diantaranya: vitamin (A, B1, B3, B5, E dan K) dan mineral, serat (likopen, kalsium, potasium, float, magnesium).

Selain itu kandungan pada buah pepaya berukuran kecil (dengan berat 152 gram) yaitu: mengandung 59 Kkal, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 1 gram protein.

Manfaat Konsumsi Buah Pepaya
ada banyak sekali manfaat yang didapat saat mengkonsumsi buah ini diantaranya untuk kesehatan, dan kecantikan.

A. Manfaat Untuk Kesehatan
1. Melancarkan Sistem Pencernaan
Manfaat buah pepaya yang paling cepat di rasakan adalah melancarkan pencernaan, karena pada buah ini mengandung enzim papain yang berfungsi membantu mencerna protein masuk ke tubuh.

Menurut, "Research Center of The International Scientific Group of Preventive Medicine, mengkonsumsi buah pepaya selama 40 hari sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi kembung". Selain itu buah pepaya merupakan sumber zat fermentasi yang baik untuk kesehatan.

2. Mengatasi Sembelit
Setiap orang pasti pernah mengalami sembelit dan perut kembung, untuk mengatasi permasalahan seperti itu sebaiknya mengkonsumsi buah pepaya secara rutin, dan juga buah ini dapat mengatasi iritasi pada sistem pencernaan didalam tubuh.

3. Untuk Kesehatan Kanker
Buah pepaya juga dapat mengurangi risiko penderita kanker, terutama kanker payudara, karena pada sebuah penelitian bahwa kandungan likopen pada buah pepaya dapat mengurangi risiko kanker.

4. Meredakan Nyeri Menstruasi
Untuk meredakan rasa sakit, wanita yang sedang haid sebaiknya mengkonsumsi buah pepaya, itu karena kandungan enzim papain dalam pepaya bermanfaat menjaga sistem pencernaan hingga meredakan nyeri atau kram di bagian perut saat menstruasi.

B. Manfaat Untuk Kecantik
1. Menghaluskan Kulit
Pepaya juga dapat menjaga kulit agar tetap kencang, halus dan awet muda, itu karena kandungan vitamin C dan likopean di dalam buah pepaya.

2. Menyuburkan Rambut Serta Menjaga Kesehatan Kuku
Selain dapat menyehatkan kulit ternyata dengan mengkonsumsi pepaya dapat melebatkan / menyuburkan rambut dan menguatkan serta membuat kuku semakin cantik.

Demikian manfaat dari buah pisang, semoga artikel manfaat kesehatan buah-buahan ini bermanfaat untuk khalayak ramai. terima kasih.!!