Cara Efektif Terhindar dari COVID-19
Gambar: Cara Efektif Terhindar dari COVID-19

Indonesia resmi masuk dalam daftar nama-nama negara yang sudah terjangkit Virus Corona.

Virus yang dikenal dengan nama latin severe acute respiratory syndrome coronavirus-2 (SARS-CoV-2) adalah salah satu jenis virus yang menyerang system pernafasan manusia, pneumonia akut, sampai kematian, bahkan virus ini disbut  juga dengan COVID-19. 


Virus ini berasal dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia, itulah sebabnya virus ini dapat menyebabkan siapapun mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa,l ansia, ibu hamil, sampai kepada ibu yang sedang menyusui.

Untuk itu ada beberapa cara efektif yang dapat kita lakukan untuk mencegah penularan covid-19.


Berikut penjelasannya dan langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam mencegah covid-19 yaitu sebagai berikut :


1. Hindari bepergian ketempat-tempat yang ramai pengunjung

Hal ini dianjurkan karena, dari sekian banyak orang yang ada ditempat keramaian kita tidak tahu,apakah dari mereka ada yang terjangkit corona atau tidak. 

Dan untuk mencegah penularan virus ini, sebaikanya kita menahan diri kita dulu untuk tidak bepergian yang rami pengunjung seperti mall, bioskop, maupun tempat-tempat wisata.


2. Menggunakan alat penutup seperti Masker

Jika kita terpaksa harus pergi ketempat yang ramai pengunjung, atau harus pergi untuk keluar rumah sebaikanya kita menggunakan alat penutup seperti masker agar tidak terkontaminasi secara langsung dengan orang-orang yang ada ditempat yang akan kita kunjungi.


3. Selalu mencuci tangan 

Untuk cara yang selanjutnya yaitu kita harus rajin mencuci tangan kita sebelum keluar rumah, kembali ke rumah, atau bahkan saat kita sedang beraktivitas sekalipun.

Cuci tangan dengan menggunakan air serta antiseptic ataupun menggunakan handsanitizer yang dimana minimal mengandung alkhol 60%. Dan jangan menyentuh mata, mulut, hidung, jika belum mencuci tangan.


4. Hindari kontak langsung dengan hewan

Selanjutnya untuk cara pencegahan yang dapat kita lakukan adalah, dengan cara menghindari kontak langsung dengan hewan yang ada didekat kita terutama untuk hewan liar yang tidak kita ketahui asal nya dari mana.

Karna bisa saja hewan tersebut telah terjangkit virus corona dan hal itu mampu membuat kita terkena virus tersebut, dan jika sudah terkontak segeralah untuk mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan antiseptic.

Dan untuk kalian yang sedang memelihara hewan atau pun pecinta hewan ada baiknya untuk menjaga kebersihan kandang, makanan serta kesehatan hewan tersebut.


5. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Untuk saat ini, buat kalian yang suka sekali mengkonsumsi makanan cepat saji sebaiknya kurangi untuk mengkonsumsinya dulu, karena makanan yang cepat saji belum tentu sehat buat menambah daya tahan tubuh kita dalam mencegah covid-19. 

Alangkah baiknya jika kita memasak dengan sendirinya dan itu jauh lebih baik untuk tubuh kita. Dan untuk itu berikut penjelasan mengenai makanan sehat yang layak untuk kita konsumsi saat dalam masa covid-19 ini :


a. Sayur Bayam

Untuk makanan yang pertama yaitu mengkonsumsi sayur bayam. Sayur bayam mampu mencegah dan menambah kekebalan tubuh kita terkait virus corona saat ini, karena sayur bayam memiliki kandungan antioksidan dan beta karoten.

b. Jahe

Selanjutnya adalah makanan yang berasal dari rempah-rempah yaitu jahe. Berdasarkan penelitian dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, menyatakan bahwa jahe memiliki kandungan curcumin, senyawa beta-karoten yang dapat mencegah dan menambah kekebalan tubuh kita dari penularan virus corona

c. Sayur Brokoli

Makanan selanjutnya adalah sayur brokoli, dimana sayur ini memiliki kandungan vitamin A,C, dan E yang kaya serat mineral dan antioksidan yang mampu melawan dan membuat tubuh kita dari sumber penyakit.

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Menjaga kebersihan lingkungan rumah adalah hal yang terutama dan yang terpenting bagi kita, karena kebersihan harus kita terapkan terlebih dahulu dalam keluarga kita masing-masing, kemudian ke masyarakat luas yang akan ikut serta dalam menerapkannya, apalagi saat ini covid-19 bisa datang dan menyerang kita kapan saja dan melalui perantaraan siapa pun.

Dari beberapa penjelasan diatas kita dapat menarik kesimpulan ; “Bahwa sumber penyakit bisa berasal dari mana saja, dan kita bisa tertular kapan saja tanpa kita sadari dan kita ketahui”. 

Jadi, alangkah lebih baiknya jika kita membiasakan diri untuk bersih dan mengkonsumsi makanan yang sehat agar kita terbebas dari berbagai penyakit, terutama untuk virus yang saat ini sedang berada disekeliling kita.


Demikian tips cara efektif agar terhindar dari wabah COVID-19 semoga artikel ini mudah dimengerti dan mudah di terapkan, dan semoga kita semua terhindar dan dijauhkan dari wabah ini. Terima kasih